1. Mazhab Al Imam Abu Hanifah rahimahullahu ta'ala.
๐ฏ Dari Abu Thoyyib Ath Thabary rahimahullah berkata:
ูุงู ุฃุจู ุญูููุฉ ููุฑู ุงูุบูุงุก، ููุฌุนู ุณู ุงุน ุงูุบูุงุก ู ู ุงูุฐููุจ
»» Adalah Abu Hanifah membenci nyanyian dan beliau menjadikan mendengar nyanyian itu dari bentuk dosa-dosa.
๐ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:
ู ุฐูุจ ุฃุจู ุญูููุฉ ูู ุฐูู ู ู ุฃุดุฏِّ ุงูู ุฐุงูุจ ، ููููู ููู ุฃุบูุธُ ุงูุฃููุงู، ููุฏ ุตูุฑَّุญ ุฃุตุญุงุจู ุจุชุญุฑูู ุณู ุงุน ุงูู ูุงูู ูููุง ูุงูู ุฒู ุงุฑ، ูุงูุฏู، ุญุชู ูุงูุถุฑุจ ุจุงููุถูุจ، ูุตุฑุญูุง ุจุฃูู ู ุนุตูุฉ ، ุชูุฌุจ ุงููุณู ، ูุชُุฑَุฏُّ ุจู ุงูุดูุงุฏุฉ،
ูุฃุจูุบ ู ู ุฐูู ุฃููู ูุงููุง:
ุฅู ุงูุณู ุงุน ูุณٌู ، ูุงูุชูุฐุฐ ุจู ููุฑٌ، ูุฐุง ููุธูู
»» Mazhabnya Abu Hanifah tentang hal tersebut adalah mazhab yang paling keras dan ucapannya adalah ucapan yang paling tegas, sungguh pengikutnya telah menetapkan tentang haramnya mendengar hiburan seluruhnya seperti seruling, gendang dan rebana, dan mereka menetapkan bahwasanya hal tersebut adalah maksiat yang mengharuskan kefasikan pada pelakunya dan tidak diterima persaksiannya, dan lebih tajam dari itu mereka mengatakan bahwasanya mendengarkannya adalah kefasikan dan menikmatinya kekufuran. ini lafadz ucapan mereka.
__
๐ Ighatsatul Lahfan (348).
2. Mazhab Imam Malik rahimahullah ta'ala:
๐ฏ Dari Ishak Ibnu Isa Ath Thobรข' beliau berkata:
ุณุฃูุช ู ุงูู ุจู ุฃูุณ ุนู ุง ูุชุฑุฎุต ููู ุฃูู ุงูู ุฏููุฉ ู ู ุงูุบูุงุก ؟ ููุงู :
( ุฅูู ุง ููุนูู ุนูุฏูุง ุงُูููุณّููุงู ! )
»» Saya bertanya kepada Malik bin Anas tentang keringanan yang diberikan kepada penduduk Madinah dari nyanyian?
Beliau berkata:
Tidaklah yang melakukan hal tersebut kecuali orang - orang yang fasik.
___
๐ Talbis Iblis (282).
๐ฏ Berkata Abu Thoyyib At Thobary:
ุฃู ุง ู ุงูู ุจู ุฃูุณ ูุฅูู ููู ุนู ุงูุบูุงุก ูุนู ุงุณุชู ุงุนู ููู ู ุฐูุจ ุณุงุฆุฑ ุฃูู ุงูู ุฏููุฉ .
»» Adapun Malik bin Anas maka beliau melarang dari nyanyian dan dari mendengarkannya, dan ini adalah madzhab seluruh Penduduk Madinah.
๐ฏ Dan Berkata Ibnul Qasim :
ุณุฃูุช ู ุงููุง ุนู ุงูุบูุงุก ؟ ููุงู : ูุงู ุงููู ุชุนุงูู: { َูู َุงุฐَุง ุจَุนْุฏَ ุงْูุญَِّู ุฅِูุงَّ ุงูุถَّูุงُู } ุฃูุญٌู ูู ؟ ุงูู
»» Aku bertanya kepada Malik bin Anas tentang nyanyian, maka beliau berkata:
Allah berfirman: "Apakah setelah kebenaran kecuali hanya kesesatan." ,maka apakah dia kebenaran?
3. Mazhab Al Imam Asy Syafii rahimahullahu ta'ala.
๐ฏ *Berkata Al Imam Asy Syafi'i rahimahullah:
ุฅู ุงูุบูุงุก ููู ู ูุฑูู ูุดุจู ุงูุจุงุทู ، ูู ูู ุงุณุชูุซุฑ ู ูู ููู ุณููู ุชุฑุฏ ุดูุงุฏุชู
»» Sesungguhnya nyanyian itu adalah hiburan yang dibenci menyerupai kebatilan dan barangsiapa yang memperbanyak darinya, maka dia adalah kebodohan dan tertolak persaksiannya.
__
๐ Al Umm (6/209).
๐ฏ Berkata Abu Thoyyib Ath Thabary rahimahullah:
ูุฅูู ุง ุฌุนู ุตุงุญุจูุง ุณูููุง ูุฃูู ุฏุนุง ุงููุงุณ ุฅูู ุงูุจุงุทู ูู َูู ุฏุนุง ุงููุงุณ ุฅูู ุงูุจุงุทู ูุงู ุณูููุงً ูุงุณูุง
»» Dijadikan pelakunya sebagai orang yang bodoh, karena dia menyeru manusia kepada kebatilan dan barangsiapa yang menyeru manusia kepada kebatilan, maka dia adalah orang yang bodoh dan fasiq.
๐ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:
ูุงูุดุงูุนู ููุฏู ุงุก ุฃุตุญุงุจู ، ูุงูุนุงุฑููู ุจู ุฐูุจู ู ู ุฃุบูุธ ุงููุงุณ ูููุง ูู ุฐูู
»» Dan Asy Syafi’i beserta pengikut seniornya serta orang-orang paling mengerti tentang madzhab beliau, termasuk orang-orang yang paling keras ucapannya tentang hal tersebut.
__
๐ Ighatsatul Lahfan (350).
๐ฏ Berkata Imam Ibnu Rajab rahimahullah dalam Nuzhatul Asma':
ูุฅุฐุง ูุงู ุงูุดุงูุนู –ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู– ูุฏ ุฃููุฑ ุงูุถุฑุจ ุจุงููุถูุจ ูุฌุนูู ู ู ูุนู ุงูุฒูุงุฏูุฉ، ูููู ูููู ูููู ูู ุขูุงุช ุงูููู ุงูู ุทุฑุจุฉ؟!». ููุงู :«ูุฃู ุง ูู ุณู ุงุน ุขูุงุช ุงูููู ููู ูุญู ููู ุฎูุงูุง».
ููุงู : «ููุฏ ุญูู ุฃุจู ุจูุฑ ุงูุขุฌุฑู ุฅุฌู ุงุน ุงูุนูู ุงุก ุนูู ุฐูู»
»» Jika Imam Syafi'i rahimahullah ta'ala saja mengingkari gendang dan menjadikannya merupakan perbuatan orang-orang zindiq, maka bagaimana lagi ucapannya tentang alat-alat musik biduan.
Danbeliau berkata:
»» Adapun mendengarkan alat -alat musik maka tidak ada nukilan perselisihan di dalamnya.
Dan beliau juga berkata:
Telah dihikayatkan dari Abu Bakr Al รjurry tentang kesepakatan ulama pada hal tersebut.
4. Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah ta'ala:
๐ฏ Dari Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata:
ุณุฃูุช ุฃุจู ุนู ุงูุบูุงุก ููุงู : ุงูุบูุงุก ููุจุช ุงูููุงู ูู ุงูููุจ ูุง ูุนุฌุจูู
»» Aku bertanya kepada bapakku tentang nyanyian, maka beliau menjawab:
Nyanyian itu menumbuhkan kemunafikan didalam hati, tidaklah mengherankanku.
__
๐ Talbis Iblis (280).
๐ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:
ูุฃู ุง ุงูุบูุงุก ุงูู ุนุฑูู ุงูููู ูู ุญุธูุฑ ุนูุฏู
ู ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ู
ููุช : ูุฑุญู ุงููู ุงุจู ุงูููู ููู ูู ุนูู ู ุง ุฃุญุฏุซ ุงููุงุณ ูู ุงูุบูุงุก ู ู ุงูุฒูุงุฏุงุช ูู ุงูุนุตุฑ ุงูุญุงุถุฑ !!!
»» Adapun nyanyian yang dikenal hari ini adalah sesuatu yang dilarang menurutnya -yaitu Imam Ahmad-.
Aku berkata:
Semoga Allah merahmati Ibnul Qayyim, bagaimana seandainya jika beliau mengetahui apa yang terjadi dizaman ini yang banyak sekali tambahan - tambahan didalamnya!!!
๐ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:
ููุงู ุงููููุงุก ู ู ุฃุตุญุงุจูุง ู ูุนูู ุงูุญูุงุจูุฉ ู ูุง ุชูุจู ุดูุงุฏุฉ ุงูู ุบูู ูุงูุฑูุงุต ، ูุงููู ุงูู ููู
»» Berkata para ahli fiqih dari pengikut-pengikut kami -yaitu Al Hanabilah-;
Tidak diterima persaksian para penyanyi dan para penari.
๐ฏ Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:
ูู ุฐูุจ ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูุฃุฑุจุนุฉ ุฃู ุขูุงุช ุงูููู ูููุง ุญุฑุงู
»»Dan madzhab Imam yang empat: bahwasanya alat-alat musik seluruhnya haram.
___
๐ Al Fatawa (11/576)
๐ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:
ُููููุนูู ุฃู ุงูุฏู ูุงูุดّูุจุงุจุฉ ูุงูุบูุงุก ุฅุฐุง ุงุฌุชู ุนุช ูุงุณุชู ุงุน ุฐูู ุญุฑุงู ، ุนูุฏ ุฃุฆู ุฉ ุงูู ุฐุงูุจ ูุบูุฑูู ู ู ุนูู ุงุก ุงูู ุณูู ูู
»» Maka hendaklah diketahui bahwasannya gendang, seruling dan nyanyian jika telah terkumpul, maka mendengarkannya adalah keharaman menurut empat imam mazhab dan selain mereka dari ulama kaum muslimin.
_
๐ Ighatsatul Lahfan (1/350).
๐ฏ Berkata Asy Syeikh Al Albani rahimahullah:
ุฅَّู ุงูุนูู ุงุก ูุงููููุงุก ู ููููู ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูุฃุฑุจุนุฉ ู ู ุชูููู ุนูู ุชุญุฑูู ุขูุงุช ุงูุทุฑุจ ุงุชุจุงุนุงً ููุฃุญุงุฏูุซ ุงููุจููุฉ ، ูุงูุขุซุงุฑ ุงูุณูููุฉ
»» Sesungguhnya para ulama dan para ahli fiqih -termasuk Imam empat mazhab- telah sepakat TENTANG haramnya alat-alat musik, sebagai bentuk mengikuti hadits-hadits Nabi shallallahu salam dan atsar - atsar para salaf.
___
๐ Tahrimu Aalatuth Tharb (105).
=========================
✍๐ฝ Ustadz Fauzan Abu Muhammad Al-Kutawy hafidzahullah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar