Minggu, 28 Maret 2021

HUKUM NYANYIAN MENURUT 4 IMAM MADZHAB ๐ŸŽธ ๐ŸŽน

 


1. Mazhab Al Imam Abu Hanifah rahimahullahu ta'ala. 


 ๐Ÿ“ฏ  Dari Abu Thoyyib Ath Thabary rahimahullah berkata:


ูƒุงู† ุฃุจูˆ ุญู†ูŠูุฉ ูŠูƒุฑู‡ ุงู„ุบู†ุงุก، ูˆูŠุฌุนู„ ุณู…ุงุน ุงู„ุบู†ุงุก ู…ู† ุงู„ุฐู†ูˆุจ

 

»» Adalah Abu Hanifah membenci nyanyian dan beliau  menjadikan  mendengar nyanyian itu dari bentuk dosa-dosa.


 ๐Ÿ“ฏ  Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:


ู…ุฐู‡ุจ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุฃุดุฏِّ ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ، ูˆู‚ูˆู„ู‡ ููŠู‡ ุฃุบู„ุธُ ุงู„ุฃู‚ูˆุงู„، ูˆู‚ุฏ ุตู€ุฑَّุญ ุฃุตุญุงุจู‡ ุจุชุญุฑูŠู… ุณู…ุงุน ุงู„ู…ู„ุงู‡ูŠ ูƒู„ู‡ุง ูƒุงู„ู…ุฒู…ุงุฑ، ูˆุงู„ุฏู، ุญุชู‰ ูˆุงู„ุถุฑุจ ุจุงู„ู‚ุถูŠุจ، ูˆุตุฑุญูˆุง ุจุฃู†ู‡ ู…ุนุตูŠุฉ ، ุชูˆุฌุจ ุงู„ูุณู‚ ، ูˆุชُุฑَุฏُّ ุจู‡ ุงู„ุดู‡ุงุฏุฉ، 

ูˆุฃุจู„ุบ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุฃู†ู‡ู… ู‚ุงู„ูˆุง: 

ุฅู† ุงู„ุณู…ุงุน ูุณู‚ٌ ، ูˆุงู„ุชู„ุฐุฐ ุจู‡ ูƒูุฑٌ، ู‡ุฐุง ู„ูุธู‡ู…  

 

»» Mazhabnya  Abu Hanifah tentang hal tersebut adalah mazhab yang paling keras dan ucapannya adalah ucapan yang paling tegas, sungguh pengikutnya telah menetapkan tentang haramnya mendengar hiburan seluruhnya seperti seruling, gendang dan rebana, dan mereka menetapkan bahwasanya hal  tersebut adalah maksiat   yang mengharuskan kefasikan pada pelakunya dan tidak diterima persaksiannya, dan lebih tajam dari itu mereka mengatakan  bahwasanya mendengarkannya adalah kefasikan dan menikmatinya kekufuran. ini lafadz  ucapan mereka.

__

๐Ÿ“• Ighatsatul Lahfan (348).


2. Mazhab Imam Malik rahimahullah ta'ala:


๐Ÿ“ฏ Dari Ishak Ibnu Isa  Ath Thobรข' beliau berkata:


ุณุฃู„ุช ู…ุงู„ูƒ ุจู† ุฃู†ุณ ุนู…ุง ูŠุชุฑุฎุต ููŠู‡ ุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ู…ู† ุงู„ุบู†ุงุก ؟ ูู‚ุงู„ : 

( ุฅู†ู…ุง ูŠูุนู„ู‡ ุนู†ุฏู†ุง ุงู„ูู€ُุณู€ّู€ุงู‚ ! )


»» Saya bertanya kepada Malik bin Anas tentang keringanan yang diberikan kepada penduduk Madinah dari nyanyian?

Beliau berkata:

Tidaklah   yang melakukan hal tersebut kecuali orang - orang yang fasik.

___

๐Ÿ“•  Talbis Iblis (282).


๐Ÿ“ฏ  Berkata Abu Thoyyib At Thobary:


ุฃู…ุง ู…ุงู„ูƒ ุจู† ุฃู†ุณ ูุฅู†ู‡ ู†ู‡ู‰ ุนู† ุงู„ุบู†ุงุก ูˆุนู† ุงุณุชู…ุงุนู‡ ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ุณุงุฆุฑ ุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ .


»»  Adapun  Malik bin Anas maka beliau melarang dari nyanyian dan dari mendengarkannya, dan ini adalah madzhab seluruh Penduduk Madinah.

 

๐Ÿ“ฏ Dan Berkata Ibnul Qasim :


ุณุฃู„ุช ู…ุงู„ูƒุง ุนู† ุงู„ุบู†ุงุก ؟ ูู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: { ูَู…َุงุฐَุง ุจَุนْุฏَ ุงู„ْุญَู‚ِّ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ุถَّู„ุงู„ُ } ุฃูุญู‚ٌ ู‡ูˆ ؟ ุงู‡ู€


»» Aku bertanya kepada Malik bin Anas tentang nyanyian,  maka beliau  berkata:

Allah berfirman:  "Apakah setelah kebenaran kecuali hanya kesesatan." ,maka apakah dia kebenaran?  


3. Mazhab Al Imam Asy Syafii rahimahullahu ta'ala.


 ๐Ÿ“ฏ *Berkata Al Imam Asy Syafi'i rahimahullah:


ุฅู† ุงู„ุบู†ุงุก ู„ู‡ูˆ ู…ูƒุฑูˆู‡ ูŠุดุจู‡ ุงู„ุจุงุทู„ ، ูˆู…ู€ู† ุงุณุชูƒุซุฑ ู…ู†ู‡ ูู‡ูˆ ุณููŠู‡ ุชุฑุฏ ุดู‡ุงุฏุชู‡


»» Sesungguhnya nyanyian itu adalah hiburan yang dibenci menyerupai kebatilan dan barangsiapa yang memperbanyak darinya, maka dia adalah kebodohan dan tertolak persaksiannya.

__

๐Ÿ“•  Al Umm (6/209).


๐Ÿ“ฏ Berkata Abu Thoyyib Ath Thabary rahimahullah:


ูˆุฅู†ู…ุง ุฌุนู„ ุตุงุญุจู‡ุง ุณููŠู‡ุง ู„ุฃู†ู‡ ุฏุนุง ุงู„ู†ุงุณ ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุงุทู„ ูˆู…ู€َู† ุฏุนุง ุงู„ู†ุงุณ ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุงุทู„ ูƒุงู† ุณููŠู‡ุงً ูุงุณู‚ุง


»» Dijadikan pelakunya sebagai orang yang bodoh, karena dia menyeru manusia kepada kebatilan  dan barangsiapa yang menyeru manusia kepada kebatilan, maka dia adalah orang yang bodoh dan fasiq.


๐Ÿ“ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:


ูˆุงู„ุดุงูุนูŠ ูˆู‚ุฏู…ุงุก ุฃุตุญุงุจู‡ ، ูˆุงู„ุนุงุฑููˆู† ุจู…ุฐู‡ุจู‡ ู…ู† ุฃุบู„ุธ ุงู„ู†ุงุณ ู‚ูˆู„ุง ููŠ ุฐู„ูƒ


»» Dan Asy Syafi’i beserta pengikut seniornya serta orang-orang paling mengerti  tentang madzhab beliau, termasuk orang-orang yang paling keras ucapannya tentang hal tersebut.

__

๐Ÿ“• Ighatsatul Lahfan (350).


๐Ÿ“ฏ Berkata Imam Ibnu Rajab rahimahullah dalam Nuzhatul Asma':


 ูุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุดุงูุนูŠ –ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰– ู‚ุฏ ุฃู†ูƒุฑ ุงู„ุถุฑุจ ุจุงู„ู‚ุถูŠุจ ูˆุฌุนู„ู‡ ู…ู† ูุนู„ ุงู„ุฒู†ุงุฏู‚ุฉ، ููƒูŠู ูŠูƒูˆู† ู‚ูˆู„ู‡ ููŠ ุขู„ุงุช ุงู„ู„ู‡ูˆ ุงู„ู…ุทุฑุจุฉ؟!». ูˆู‚ุงู„ :«ูˆุฃู…ุง ููŠ ุณู…ุงุน ุขู„ุงุช ุงู„ู„ู‡ูˆ ูู„ู… ูŠุญูƒ ููŠู‡ ุฎู„ุงูุง». 

ูˆู‚ุงู„ : «ูˆู‚ุฏ ุญูƒู‰ ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ ุงู„ุขุฌุฑูŠ ุฅุฌู…ุงุน ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ»


»» Jika Imam Syafi'i rahimahullah ta'ala saja mengingkari gendang dan menjadikannya  merupakan perbuatan orang-orang zindiq,  maka bagaimana lagi  ucapannya tentang alat-alat musik biduan.


Danbeliau berkata:

»» Adapun mendengarkan alat -alat musik maka  tidak ada nukilan perselisihan di dalamnya.


Dan beliau juga berkata: 

Telah dihikayatkan dari Abu Bakr Al ร‚jurry   tentang kesepakatan ulama pada  hal tersebut.



4. Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal  rahimahullah ta'ala:


 ๐Ÿ“ฏ Dari Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata:


ุณุฃู„ุช ุฃุจูŠ ุนู† ุงู„ุบู†ุงุก ูู‚ุงู„ : ุงู„ุบู†ุงุก ูŠู†ุจุช ุงู„ู†ูุงู‚ ููŠ ุงู„ู‚ู„ุจ ู„ุง ูŠุนุฌุจู†ูŠ

 

»» Aku bertanya kepada bapakku tentang nyanyian,  maka beliau menjawab:  

Nyanyian itu menumbuhkan kemunafikan didalam hati, tidaklah mengherankanku.

__

๐Ÿ“• Talbis Iblis (280).

 

๐Ÿ“ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:


ูุฃู…ุง ุงู„ุบู†ุงุก ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุงู„ูŠูˆู… ูู…ุญุธูˆุฑ ุนู†ุฏู‡ 

ู€ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ู€

ู‚ู„ุช : ูŠุฑุญู… ุงู„ู„ู‡ ุงุจู† ุงู„ู‚ูŠู… ูƒูŠู ู„ูˆ ุนู„ู… ู…ุง ุฃุญุฏุซ ุงู„ู†ุงุณ ููŠ ุงู„ุบู†ุงุก ู…ู† ุงู„ุฒูŠุงุฏุงุช ููŠ ุงู„ุนุตุฑ ุงู„ุญุงุถุฑ !!!


»» Adapun nyanyian yang dikenal hari ini adalah sesuatu yang dilarang menurutnya -yaitu Imam Ahmad-.

 

Aku berkata:  

Semoga Allah merahmati Ibnul Qayyim, bagaimana seandainya jika beliau mengetahui apa yang terjadi dizaman ini yang banyak sekali tambahan - tambahan didalamnya!!!


๐Ÿ“ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:


ูˆู‚ุงู„ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ู…ู† ุฃุตุญุงุจู†ุง ู€ ูŠุนู†ูŠ ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ ู€ ู„ุง ุชู‚ุจู„ ุดู‡ุงุฏุฉ ุงู„ู…ุบู†ูŠ ูˆุงู„ุฑู‚ุงุต ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ูˆูู‚


»» Berkata para  ahli fiqih dari pengikut-pengikut kami -yaitu Al Hanabilah-;

Tidak diterima persaksian para penyanyi dan para penari.

 

๐Ÿ“ฏ Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:


ูู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ุฃู† ุขู„ุงุช ุงู„ู„ู‡ูˆ ูƒู„ู‡ุง ุญุฑุงู…


»»Dan madzhab Imam yang empat:  bahwasanya alat-alat musik seluruhnya haram.

___

๐Ÿ“• Al Fatawa (11/576)


๐Ÿ“ฏ Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:


ูู„ูŠู€ُุนู„ู… ุฃู† ุงู„ุฏู ูˆุงู„ุดู€ّุจุงุจุฉ ูˆุงู„ุบู†ุงุก ุฅุฐุง ุงุฌุชู…ุนุช ูุงุณุชู…ุงุน ุฐู„ูƒ ุญุฑุงู… ، ุนู†ุฏ ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ูˆุบูŠุฑู‡ู… ู…ู† ุนู„ู…ุงุก ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†


»»  Maka hendaklah diketahui bahwasannya gendang, seruling dan nyanyian jika telah terkumpul, maka mendengarkannya adalah  keharaman menurut empat imam mazhab dan selain mereka dari ulama  kaum muslimin.

_

๐Ÿ“• Ighatsatul Lahfan (1/350).


๐Ÿ“ฏ Berkata Asy Syeikh Al Albani rahimahullah:


ุฅู†َّ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ูˆุงู„ูู‚ู‡ุงุก ู€ ูˆููŠู‡ู… ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ู€ ู…ุชูู‚ูˆู† ุนู„ู‰ ุชุญุฑูŠู… ุขู„ุงุช ุงู„ุทุฑุจ ุงุชุจุงุนุงً ู„ู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ู†ุจูˆูŠุฉ ، ูˆุงู„ุขุซุงุฑ ุงู„ุณู„ููŠุฉ


»» Sesungguhnya para ulama dan para ahli fiqih -termasuk  Imam empat  mazhab-  telah sepakat TENTANG haramnya alat-alat musik, sebagai bentuk  mengikuti hadits-hadits Nabi shallallahu salam dan atsar - atsar para salaf.

___

๐Ÿ“• Tahrimu Aalatuth Tharb (105).


=========================


✍๐Ÿฝ Ustadz Fauzan Abu Muhammad Al-Kutawy hafidzahullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar